Sabtu, 11 Juni 2011

Menunda-nunda pekerjaan


Tanya:
Gue adalah pengatur waktu dan Penyelesai tugas yang buruk banget, urusan sekolah, kerjaan, sampai rapiin kamar. Gw selalu nunda nanti atau besok, ujung-ujungnya gak ada yang gue kerjain. Gue juga gak kebayang untuk cari bantuan ke orang-orang professional, seperti psikolog, konselor atau apapun namanya (kayaknya gak penting juga deh urusan begini aja masa ke psikolog sih). Kayaknya gue perlu saran-saran yang bisa langsung gue lakukan deh Bing, Gue seneng banget kalau lo bisa kasih gue tips yang praktis.

Makasih Binga



Jawab:
Stress yang melanda banyak mahasiswa rata-rata disebabkan oleh waktu. Menunda-nuda atau prokrasinasi adalah permasalahan nomor satu dalam semua terkait dengan manajemen waktu. Prokrasinasi adalah topeng dari kecenderungan sifat perfectionist, meragukan diri sendiri, rasa takut akan perubahan. Atau secara sederhana bisa dilihat sebagai bentuk ketidakmampuan mengatur waktu dan keterampilan belajar yang minim.

Dengan kesabaran dan kebulatan tekad, kamu bisa merubah beberapa kebiasaan menunda-nunda dan belajar untuk menjalani hidup yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk belajar membuat jadwal kegiatan harian pribadi. Kita tidak bisa mengatur waktu, tetapi kita hanya bisa mengatur diri kira sendiri dalam memanfaatkan waktu yang kitra miliki. Strategi yang paling Binga sukai untuk mengatur diri sendiri adalah:

1. Realistis dalam merencanakan hal-hal yang mampu diselesaikan dalam satu hari. Kita bisa membuat dua atau tiga tujuan utama atau hal-hal yang harus dilakukan setiap harinya. Jauhi kegiatan-kegiatan tidak penting dalam daftar kegiatan kita.

2. Buatlah jadwal kegiatan yang efektif dan efisien. Ketika semangat kita sedang membara, lakukanlah kegiatan yang menuntut kita untuk lebih banyak berpkir.

3. Pilah-pilahlah setiap pekerjaan menjadi unit-unit yang lebih kecil, agar pekerjaan tersebut lebih mudah dilakukan dan kemajuannya lebih mudah terlihat dan kamu bisa selangkah demi selangkah maju ke pekerjaan selanjutnya.

4. Buatlah jadwal dengan fleksibel atau lentur dengan tetap menyisakan waktu untuk hal-hal yang tidak terduga (terlambat, masalah komputer, dll) Sisakan waktu sekitar 15 persen untuk setiap kegiatan dalam jadwalmu, karena semua rencanamu bisa saja memakan waktu lebih lama dari yang kamu bayangkan.

5. Hal penting tapi seringkali diabaikan, Maafkan dirmu sendiri jika ternyata kamu tidak dapat memenuhi semua perencanaan yang telah kamu rencanakan. Karena kamu cuma manusia biasa ;-)

Ingat, prokrasinasi adalah hal yang bisa kamu rubah

Selamat Mencoba
Binga





Sumber: 
http://www.tanyabinga.com/content/tanyabinga/detail.php?id=VmtaYVJrOVdRbEpRVkRBOStQ&lang=id

0 comments:

Posting Komentar