Senin, 23 Mei 2011

Ruang belajarku nyaman.....

Kalau kita punya kamar tidur yang nyaman, pasti bikin kita betah dikamar dan bisa tidur nyenyak. Begitu juga dengan ruang belajar, yang bisa bikin kita  semangat buat belajar dan betah berlama-lama untuk belajar. Ruang belajar yang nyaman dapat menciptakan suasana belajar yang efektif. Terkadang kita menggunakan ruangan lain (seperti kamar tidur, dll) yang memiliki dwifungsi sebagai ruang belajar juga. Nah, disini kamu bisa mengasah kretivitas kamu dalam mendesain ruangan yang belajar kamu dengan menggabungkan kedua fungsi dari ruangan tersebut. Serukan? Ayo kita mulai!


1.       Tentukan spot belajar kamu
Pilih tempat yang paling nyaman diruangan belajar kamu, karena tempat tersebut dapat mempengaruhi ‘kadar’ konsentrasi kamu. Misalnya kamu belajar diatas tempat tidur, nggak lama kemudian kamu mengantuk dan tergoda untuk tidur. Kemudian kamu juga harus memperhatikan penerangan di tempat tersebut. Kamu dapat mengatur penerangan yang pasti tidak terlalu terang dan tidak gelap juga. Bahkan sebaiknya tempat yang kamu pilih tidak membelakangi cahaya, karena bayangan tubuh kamu dapat mengganggu kelancaran belajar kamu.

2.       Pilih warna cat tembok yang kamu suka
Pemilihan warna untuk ruangan belajar kamu pilih warna –warna cerah yang soft seperti hijau muda, pink/merah muda, putih, biru muda, dll. Warna yang soft dapat mempengaruhi efektifitas belajar kamu. Kamu dapat merasa lebih sejuk dan lebih rileks. Jangan menggunakan warna yang terlalu gelap seperti warna hitam, cokelat, maroon, ungu tua, dll.  Karena warna gelap dapat mempengaruhi penerangan ruangan tersebut. Dan jangan memilih warna yang terlalu ‘ngejreng’ seperti merah, shocking pink, orange, kuning. Karena warna tersebut dapat menyilaukan mata.

3.       Mengatur letak barang-barang kita
Mengatur barang (seperti lemari, rak, meja belajar, kasur, televisi, dll) di tempat yang menurut kamu tidak mengganggu ‘spot’ belajar kamu. Jadi sediakan tempat yang sedikit lebih luas dan tidak ‘sumpek’ agar kamu dapat belajar dengan nyaman.

4.       Mengatur letak buku
Pisahkan antara buku pelajaran dengan bacaan lainnya (seperti majalah, komik, novel, dll). Kemudian atur letak buku sesuka kamu. Yang perlu diperhatikan adalah buku itu mudah dicari ketika kamu membutuhkannya.

5.       Pilih dan kelompokkan bahan pelajaran
Biasanya mahasiswa memiliki banyak bahan pelajaran yang berbentuk fotokopi. Kita dapat memilih bahan tersebuut dan kemudian dikelompokkan sesuai sesuai dengan tema yang kamu pilih. Kemudian kamu dapat membuat holder dari karton atau kardus yang cukup kuat, untuk menaruh bahan pelajaran yang telah kita pilih dan beri nama holder tersebut sesuai dengan jenisnya.

6.       Hias ruang belajarmu
Supaya lebih menarik kamu dapat menghias ruang belajar kamu. Biasanya hiasan tersebut bisa berupa wallpaper, jadwal pelajaran, mind mapping, dll. Tetapi jangan terlalu banyak hiasan yang kamu tempel karena ruangan kamu akan terkesan ‘norak’ dan ‘sumpek’. Jadi tempel beberapa hal yang menurut kamu penting saja.

Pokoknya jangan lupa niat dan berdoa sebelum belajar, agar dapat tercapainya belajar yang efektif. Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar