Senin, 23 Mei 2011

HOAHM… NGANTUK!

Paling sebel deh, kalau tiba-tiba terserang kantuk. Selain mata maunya merem terus, bisa menjalar ke ‘serangan’ lainnya seperti malas dan jadi nggak semangat ngapa-ngapain. Apalagi kalau ngantuk pas lagi belajar di dalam kelas, uuh… bisa kena semprot guru karena nggak memperhatikan pelajaran. Atau ngantuknya pas ujian, bisa-bisa nilai ujian kita jeblok. Meskipun kesannya ‘bawaan alam’ tapi sebenarnya ngantuk itu ada sebab – sebab ‘teknis’nya juga. Cuma karena sering terjadi, kita jadi suka lupa bahwa seharusnya ngantuk itu bisa dicari sebabnya dan bisa diatasin.

‘JADWAL’ YANG TERLUPAKAN
Ngantuk ternyata disebabkan oleh kebiasaan kita yang suka cuek sama ‘jadwal’ tubuh sendiri untuk istirahat dan tidur, seperti:

1.       Doyan begadang
Karena besok pagi kita mau ujian biasanya kita belajar menggunakan metode ‘SKS’ (Sistem Kebut Semalam), sehingga kita rela memangkas waktu tidur kita alias begadang berharap besok bisa lancar ngerjain ujiannya. Dan keesokan harinya karena kurang tidur semalam, akhirnya ngantuk deh! Bisa-bisa kita malah tidur beralaskan kertas ujian.
2.       Lupa sarapan
Karena begadang, jadi kesiangan bangun dan buru-buru berangkat ke sekolah. Akhirnya, kita melewatkan sarapan. Nggak sarapan bisa bikin energi kita anjlok dan konsentrasi menurun. Padahal, sarapan setangkup roti plus telor saja sudah cukup kok. Karena sarapan memang tidak boleh terlalu banyak.
3.       Ngemil terus!
Perut kosong akibat nggak sarapan, membuat kita nafsu ‘mengisi’ perut kita dengan makanan seadanya. Pilihan kita (tentu saja) adalah, ngemil snack dan junkfood di kantin! Padahal, cemilan itu Cuma bikin kenyang, kurang bergizi, banyak lemak dan nggak nambah energy. Wah ternyata lebih banyak negatifnya ya?
4.       Malas gerak
Mungkin karena asupan gizi kita kurang, energy di tubuh juga cuma sedikit. Akhirnya kita jadi malas gerak deh. Wah, kalau sudah begini, tubuh kita makin mudah merasa lelah dan akhirnya ngantuk. Padahal, kebiasaan bergerak bisa bikin tubuh lebih segar karena sempat ‘olahraga mini’.


BIAR NGGAK NGANTUK LAGIII!
Supaya tubuh makin segar dan bebas ngantuk, penting untuk mengubah kebiasaan buruk itu. Selain itu, ada juga lho cara lain yang bisa dikerjakan untuk melawan kantuk. Cara – cara ini juga bisa dikerjakan bareng temen-temen dan makin dan makin seru ‘melawan’ ngantuknya!
1.       Bawa permen rasa mint atau asam. Pokoknya yang bikin rasanya ajaib dan bikin mata melek deh. Biar asik, bikin jadwal giliran membawa permen itu bareng teman-teman.
2.       Bawa minum. Pas lagi ngantuk coba minum air putih. Air minum dapat menyegarkan tubuh kita sehingga mata kita jadi melek lagi deh.
3.       Jadi sukarelawan untuk menghapus papan tulis setiap guru selesai pelajaran. Dengan begitu, kita akan cukup bergerak dan nggak ngantuk lagi deh
4.       Cuci muka! Kalau ngantuknya sudah tidak dapat ditahan lebih baik izin ke toilet lalu kita cuci muka. Cuci muka bisa ikin muka kita segar.
 Pokoknya jangan lupakan tidur dan istirahat yang cukup biar nggak gampang ngantuk, ya!

Sumber: Majalah GADIS edisi 01. 09-19 Januari 2007

0 comments:

Posting Komentar